RSS

tips-tips bagi anak kost

20 Aug

Image

TIPS-TIPS BAGI ANAK KOST :

 

             Seorang anak kost, anak yang baru pertama kali pisah dari kehidupan orang tua nya dan baru menyelami dan mulai merasakan kehidupan yang mandiri, pasti pertama kali akan mengalami/merasakan hal-hal yang beragam, mulai dari kangen pada orang tua, teman-teman di sekitaran rumah atau kampung, dan lain sebagainya. Mereka akan mulai mengekspresikan rasa itu dengan beragam juga ada yang bengong, menangis, memperkuat diri, mulai belajar mandiri, tetapi semua itu pasti tidak membuat semangat untuk menuntut ilmu itu kandas sampai di sini,,, dalam hal ini kan anak kost yang lagi kuliah yah……..

Ada beberapa tips untuk para mahasiswa yang menggunakan kost sebagai tempat hidupx semasa menuntut ilmu:

  1. Selalu ingat kepada TUHAN yang maha kuasa
  2. Mendengar nasehat-nasehat orang tua karena mereka sedang berada jauh, pasti mereka sangat menghawatirkan kamu
  3. Selalu menghemat pengeluaran
  4. Mendahulukan kepentingan kuliah dari pada kepentingan berfoya-foya yang tidak jelas
  5. Gunakan uang kiriman dari orang tua sebaik mungkin, jangan sampai menambah beban yang berat bagi orang tua di rumah
  6. Jangan sok gengsi di daerah perantauan
  7. Carilah teman, jangan cari musuh
  8. Bersemangatlah belajar, dan berprestasilah agar kompetentifitas nalar mu bertambah tinggi dan berprestasi demi diri, orang tua, bangsa, dan Negara.
  9. Jauhi pergaulan yang kearah negative seperti, NARKOBA, MRAS, ataupun MEROKOK
  10. Dekati pergaulan yang positif demi kelangsungan kuliah yang baik, seperti ikut dalam organisasi2, kelompok remaja kreatif dan keagamaan, amal, serta hal2yang menyangkut pendidikan dan masyarakat
  11. Untuk urusan kemandirian, jangan lah selalu mengeluh dengan apa yang di alami sekarang, teruslah bersemangat, anggap lah ini pengalaman pribadi yang tidak akan terlupakan dan yang tidak akan pernah kau dapat kan untuk kedua kalinya, anggaplah ini adalah ajang di mana kamu dapat mengisi hari-hari remaja mu dengan hal-hal yang positif, mengisi otak mu agar lebih kompeten, memupuk rasa kemandirian yang tinggi, bertemu dengan teman-teman yang baru dan dri berbagai jenis budaya da nasal mereka masing-masing, yang jelas akan kau pelajari karakter mereka dari masing-masing wilayah tersebut.
  12. Untuk urusan uang lagi, jikalau ada uang lebih maka tabung lah untuk keperluan yang mendadak nantinya, bagi yang sudah bias mencari kerja, carilah kerja sampingan tetapi ingat jangan sampai mengganggu aktifitas kuliah/ belajar kamu, ini hanya solusi agar kamu dapat meringankan beban orang tua di rumah, kalau ada pemikiran seperti ini pasti akan sangat bagus, ada lagi tips lain misalnya bila libur semester kan pasti pulang kampung bagi orang2 yang tinggal di kampung, di samping belajar juga jikalau liburan, di barengi jug dengan bekerja bila perlu di kampung agar mendapat bekal untuk melaksanakan semester baru kembali ke perantauna, itu sich tips yang mungkin bagi orang2 yang cukup susah dengan ekonomi tapi masih kuat kemauannya memperoleh gelar sarjana.
  13. Untuk kehidupan di kost, akhhh.. apa adanya deh.. jangan gengsi2an… ok

 

Masih banyak sebenarnya tips lain yang lebih bermanfaat tapi sekarang ini sampai di sini dulu ya dan tetap ingat pada tujuan pertama kita untuk datang yaitu menuntut ilmu agar menjadi orang yang lebih berguna bagi semua orang.

 

 

 

By : I kadek radha candra

Mahasiswa

 

 
Leave a comment

Posted by on August 20, 2013 in EDUCATION

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Korean Wave Indonesia

The Friendliest Newsbase For Korean Wave Fans in Indonesia

KHAIRUL'S BLOG

Sebaik-baik manusia, yang banyak memberikan manfaat pada orang lain

%d bloggers like this: